940x70

Sabtu, 06 Oktober 2012

Bisnis Informatika


Bisnis Informatika
Apa itu Bisnis Informatika?? Apa bedanya dengan bisnis-bisnis lain?? Apa contoh bisnis informatika?? Pada Entry kali ini saya akan ulas mengenai Bisnis Informatika.
Pertama kita harus tau pengertian bisnis informatika. Secara Harfiah, Bisnis Informatika merupakan 2 kata yang mempunyai arti yang berbeda. Bisnis berasal dari kata business = busy = sibuk yang berarti bussiness memiliki arti kesibukan. Bisnis dalam arti luas menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Informatika (Inggris: Informatics) mencakup struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Dapat diambil kesimpulan bahwa Bisnis Informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.

Perbedaan Bisnis Informatika dan Bisnis pada Umumnya
Letak perbedaan yang mendasar antara bisnis informatika dengan bisnis pada umumnya terletak pada arti yang sudah dijelaskan di atas. Perbedaannya hanyalah pada cara penyampaian informasi produk kepada pelanggan. Jika pada Bisnis pada umumnya penyampaian informasi produk biasa dilakukan dengan promosi-promosi ke lapangan langsung. Contohnya penyebaran selebaran, pameran, banner, dan lain-lain. Sedangakan pada Bisnis Informatika penyampaian informasi produk dilakukan dengan bantuan teknologi. Contohnya seperti internet, Iklan TV maupun radio.

Contoh Perusahaan yang memulai bisnis informatika
Salah satu perusahaan besar yang mulai menggunakan teknologi sebagai sarana promosi adalah Yamaha Motor Indonesia. Perusahaan ini memulai berbisnis informatika dengan membuat web resmi Yamaha motor indonesia. Berikut adalah link situs resminya Yamaha Motor Indonesia. Situs ini berisi informasi-informasi penting seputar produk yamaha motor. Contohnya adalah spesifikasi produk, informasi lokasi dealer resmi, spare part catalogue, bahkan informasi mengenai komunitas resmi yamaha juga tersedia di situs resmi ini. Dengan adanya situs ini, perusahaan telah mempermudah pelanggan yang ingin membeli produk dengan menyediakan informasi secara lengkap dan akurat tanpa harus datang langsung ke tempat penjualan. Dengan kata lain perusahaan ini sudah menjadi perusahaan yang berbisnis informatika.

Visi dan Misi Yamaha
 Visi
Visi Yamaha Motor Kencana Indonesia tercermin dari slogan “Semakin di Depan” yang mendorong Yamaha untuk selalu unggul dalam kompetisi produk,kualitas, layanan, serta layanan pasca penjualan agar citra Yamaha sebagai motor yang nyaman dikendarai dan memberi perasaan bangga dapat terbentuk .


Visi tersebut didukung dengan melakukan inovasi tiada henti dan selalumengutamakan kualitas, berfokus pada kesempurnaan produk, serta aspek pelayanankepada konsumen.
 Misi
Misi Yamaha Motor Indonesia adalah peduli dengan turut serta menyumbangkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat melalui berbagai program sosial.
Selain itu perusahaan juga menyediakan kursus dan pelatihan individu perorangan di luar perusahaan berupa bimbingan bagi mereka yang berminat untuk menjalankan usaha kecil pelayanan dan perawatan sepeda motor (bengkel) mengenai teknik sepeda motor.

Sumber Daya Manusia
Metode recruitment yang digunakan yamaha indonesia dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu via online dan offline. Untuk metode via online yamaha motor indonesia telah menyediakan halaman untuk para pelamar kerja. Berikut adalah link untuk melamar kerja di yamaha motor indonesia : recruitment. Sedangkan untuk via offline dilakukan dengan mendatangi langsung kantor-kantor Yamaha motor.

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Tanggung jawab yamaha indonesia terhadap kehidupan sosial di indonesia bisa dilihat dari event-event yang dilakukan yamaha. Contohnya adalah jumpa fans pembalap dunia, launching produk, diskon spare part, mudik asik bareng yamaha, dan lain-lain.
Sedangkan tanggung jawab yamaha terhadap lingkungan sekitar dapat dilihat dari produk-produk yamaha yang ramah lingkungan. Motor-motor Yamaha sangat meminimalisir Emisi gas pembuangan yang dapat mengancam lingkungan.

Dari tulisan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perusahan besar Yamaha Indonesia sudah menggunakan teknologi informatika sebagai sarana promosi, sehingga dapat dikatakan bahwa Yamaha Motor Indonesia merupakan perusahaan Bisnis Informatika. Hal ini dapat dilihat dari situs yang di dalamnya terdapat informasi produk, informasi event bahkan informasi untuk pelamar kerja.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar